Komputer Terapan


Mengenal Komputer Terapan

~Kelas 11 TKJ 
Semester 1~


Ilustrasi Komputer Terapan.
Ok, tanpa basa basi saya akan langsung menjawab beberapa soal yg berkaitan dengan pelajaran Kejuruan yaitu KOMPUTER TERAPAN. :D

1. Apakah yang dimaksud komputer terapan jaringan? 
 ~Komputer terapan jaringan adalah sekelompok komputer rekayasa (terapan) yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras dengan tujuan membawa informasi secara cepat dan tepat dari sisi pengirim (Transmitter) menuju ke sisi penerima (Receiver). Jadi secara sederhana nya adalah sekumpulan komputer yang berkomunikasi satu sama lain melalui media jaringan secara bersama – sama.
2. Sebutkan macam dan jenis mikrokontroler populer!
~Mikrokontroler AVR
Mikrokonktroler Alv and Vegard’s Risc processor atau sering disingkat AVR merupakan mikrokonktroler RISC 8 bit. Karena RISC inilah sebagian besar kode instruksinya dikemas dalam satu siklus clock.
Mikrokontroler AVR merupakan salah satu jenis arsitektur mikrokontroler yang menjadi andalan Atmel. Arsitektur ini dirancang memiliki berbagai kelebihan dan merupakan penyempurnaan dari arsitektur mikrokontroler-mikrokontroler yang sudah ada.
Berbagai seri mikrokontroler AVR telah diproduksi oleh Atmel dan digunakan di dunia sebagai mikrokontroler yang bersifat low cost dan high performance. Di Indonesia, mikrokontroler AVR banyak dipakai karena fiturnya yang cukup lengkap, mudah untuk didapatkan, dan harganya yang relatif terjangkau.

~ Mikrokontroler MCS-51

Mikrokonktroler ini termasuk dalam keluarga mikrokonktroler CISC (Complex Instruction Set Computer). Sebagian besar instruksinya dieksekusi dalam 12 siklus clock.
Mikrokontroler MCS51 buatan Atmel terdiri dari dua versi, yaitu versi 20 kaki dan versi 40 kaki. Semua mikrokontroler ini dilengkapi dengan Flash PEROM (Programmable Eraseable Read Only Memory) sebagai media memori-program, dan susunan kaki IC-IC tersebut sama pada tiap versinya.
Perbedaan dari mikrokontroler-mikrokontroler tersebut terutama terletak pada kapasitas memori-program, memori-data dan jumlah pewaktu 16-bit.

~ Mikrokontroler PCI

Pada awalnya, PIC merupakan kependekan dari Programmable Interface Controller. PIC termasuk keluarga mikrokonktroler berarsitektur Harvard yang dibuat oleh Microchip Technology. Awalnya dikembangkan oleh Divisi Mikroelektronik General Instruments dengan nama PIC1640.
PIC memungkinkan Anda untuk mengontrol perangkat output ketika mereka dipicu oleh sensordan switch. Program dapat dihasilkan dengan menggunakan diagram alur dalam perangkat lunak komputer, yang kemudian dapat di-download ke dalam chip PIC. Mereka dapat ditulis ulang sebanyak yang Anda inginkan. Memori jenis ini disebut memori flash.

~Mikrokontroler ARM

ARM adalah prosesor dengan arsitektur set instruksi 32­bit RISC (Reduced Instruction Set Computer) yang dikembangkan oleh ARM Holdings. ARM merupakan singkatan dari Advanced RISC Machine (sebelumnya lebih dikenal dengan kepanjangan Acorn RISC Machine). Pada awalnya ARM prosesor dikembangkan untuk PC (Personal Computer) oleh Acorn Computers, sebelum dominasi Intel x86 prosesor­ Microsoft di IBM PC kompatibel menyebabkan Acorn Computers bangkrut.
Melalui izin dari seluruh dunia, arsitektur ARM adalah yang paling umum dilaksanakan 32-bitset instruksi arsitektur. Arsitektur ARM diimplementasikan pada Windows, Unix, dan sistemoperasi mirip Unix, termasuk Apple iOS, Android, BSD, Inferno, Solaris, WebOS, Plan 9 dan GNU/ Linux. Advanced RISC Machine awalnya dikenal sebagai Mesin Acorn RISC.

3. Mengapa di Indonesia mikrokontroler AVR banyak dipakai?

~ Karena mikrokontroler AVR banyak dipakai karena fiturnya yang cukup lengkap, mudah untuk didapatkan, dan harganya yang relatif terjangkau.

4. Apakah yang dimaksud UART (Universal Asynchronous Receive Transmit)?

~ bagian perangkat keras komputer yang menerjemahkan antara bit-bit paralel data dan bit-bit serial. UART biasanya berupa sirkuit terintegrasi yang digunakan untuk komunikasi serial pada komputer atau port serial perangkat periperal.

5. Apakah perbedaan antara modular dengan demodulator?

~ Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu (kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi.
~Demodulator adalah proses mendapatkan kembali data atau proses membaca data dari sinyal yang diterima dari pengirim. Dalam demodulasi, sinyal pesan dipisahkan dari sinyal pembawa frekuensi tinggi.

 

6. Apakah fungsi HUB?

~ Hub berfungsi sebagai peragkat keras penerima sinyal dari sebuah komputer dan merupakan titik pusat yang menghubungkan ke seluruh komputer dalam jaringan tersebut. Hub juga berperan sebagai penguat sinyal kabel UTP, konsentrator dan penyambung.

7. Apakah fungsi dari Router?

~ Router memiliki fungsi utama untuk membagi atau mendistribusikan IP address, baik itu secara statis ataupun DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol) kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut. Dengan adanya IP address yang unik yang dibagikan router tersebut kepada setiap komputer dapat memungkinan setiap komputer untuk saling terhubung serta melakukan komunikasi, baik itu pada LAN atau internet.

8. Sebutkan piranti penyimpanan data!

~ Harddisk, Flashdisk, Floopy disk, CD (Compact Disc), DVD (Digital Versatile Disk/Digital Video Disk), Blu-Ray Disk, Fluorescent Multilayer Disk (FM Disk), RAM (Random Access Memory), Cache Memory, ROM (Read Only Memory).

9. Mengapa kabel coaxial banyak digunakan dalam jaringan local?

~        Hampir tidak terpengaruh noise.
            Dapat ditanam didalam tanah sehingga biaya perawatan harga relatif murah.
            Menyediakan perlindungan cukup baik sehingga dapat digunakan dalam jangkuan yang lebih panjang mencapai 300 meter dalam satu jaringan.
            Kemampuannya jauh lebih prima jika dibandingkan dengan kawat biasa.
            Cenderung tahan terhadap arus yang semakin mengecil pada frekuensi yang justru meninggi. Dapat digunakan untuk menyalurkan informasi sampai dengan 900 kanal telepon

10. Apa yang dimaksud dengan concentrator, dan sebutkan jenis concentrator!

~ Alat untuk mengumpulkan data dari beberapa jalur lokal dan mengirimkannya melalui jalur data tunggal berkecepatan tinggi.

§  ~Hub pasif merupakan hub yang berfungsi sebagai pemmisah atau pembagi jaringan, akan tetapi tidak melakukan penguatan sinyal sehingga hub ini tidak membutuhkan tenaga listrik tambahan.
§  Hub Aktif berfungsi sebagai penghubung jalur secara fisik dan penguat sinyal dalam jaringan, Akan tetapi Hub aktif membutuhkan tenaga listrik tambahan untuk bisa bekerja.

 

11. Sebutkan peripheral-peripheral jaringan pada computer!

~ LAN Card, TV Tunner, Modem, Printer, Scanner, Speaker, Headphone, Bluetooth, USB Card atau Flashdisk, Fireware Card, Webcam, NIC/Ethernet Card/LAN Card

12. Apakah yang dimaksud dengan ADC?

~ ADC ( Analog to Digital Converter) adalah Pengubah dari analog ke digital. Fungsi dari ADC adalah untuk mengubah data analog menjadi data digital yang nantinya akan masuk ke suatu komponen digital yaitu mikrokontroller AT89S51.

~ ADC (Analog To Digital Converter) adalah perangkat elektronika yang berfungsi untuk mengubah sinyal analog (sinyal kontinyu) menjadi sinyal digital. Perangkat ADC (Analog To Digital Convertion) dapat berbentuk suatu modul atau rangkaian elektronika maupun suatu chip IC. ADC (Analog To Digital Converter) berfungsi untuk menjembatani pemrosesan sinyal analog oleh sistem digital.

13. Sebutkan karakter dan prinsip dalam ADC!

~ (karena terlalu panjang maka file bisa di download di akhir pos :D)

14. Sebutkan 3 jalur komunikasi SPI!

~ MOSI : Master Output Slave Input Artinya jika dikonfigurasi sebagai master maka pin MOSI sebagai output tetapi jika dikonfigurasi sebagai slave maka pin MOSI sebagai input.
~MISO : Master Input Slave Output Artinya jika dikonfigurasi sebagai master maka pin MISO sebagai input tetapi jika dikonfigurasi sebagai slave maka pin MISO sebagai output.
~CLK : Clock Jika dikonfigurasi sebagai master maka pin CLK berlaku sebagai output tetapi jika dikonfigurasi sebagai slave maka pin CLK berlaku sebagai input.

 

15. Apakah fungsi dari UART?

~ UART atau Universal Asynchronous Receiver-Transmitter adalah bagian perangkat keras komputer yang menerjemahkan antara bit-bit paralel data dan bit-bit serial
     Dapat juga dikatakan  sebagai Jenis sirkuit  terpadu atau chip untuk menangani anatrmuka komputer (yang menghasilkan bit data paralel) dengan perangkat serial yang terhubung. sebagian data paralel di ubah menjadi data seri untuk dikirimkan ke perangkat keras serial, dan sebagian lain ditampilkan pada operasi berikutnya.
     Di samping itu fungsi lain dari UART adalah menambahkan bit pariti, bit star/stop untuk penyelaras transmisi data dan menangani interupsi dari perangkat keras. pendek kata UART berfungsi unntuk mengedaklikan data secara seri.

16. Apakah yang dimaksud dengan protocol?

~Protokol Jaringan adalah perangkat aturan yang digunakan dalam jaringan, Protokol adalah aturan main yang mengatur komunikasi diantara beberapa komputer di dalam sebuah jaringan sehingga komputer-komputer anggota jaringan dan komputer berbeda platform dapat saling berkomunikasi.

17. Apakah fungsi dari protocol?

~ • Encapsulation
      • Pemisahan dan perakitan kembali
      • Connection control (Kontrol koneksi)
      • Pengiriman tersusun
      • Pengiriman perintah
      • Flow Control (alur kontrol)
      • Error correction (Kontrol Kesalahan)
      • Addressing (Pengalamatan)
      • Multiplexing
      • Layanan transmisi

18. Sebutkan jenis-jenis protocol!

~ TCP/IP (Transmission Control Protokol/Internet Protokol)
TCP/IP Adalah suatu standar komunikasi data yang dipakai oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain pada jaringan Internet. 
~ Domain Name System (DNS)
Domain Name System adalah suatu distribute database system yang digunakan untukmelakukan pencarian nama komputer “name resolution” dalam jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protokol/Internet Protokol).
~ UDP ( User Datagram Protokol)
UDP salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung suatu komunikasi yang tidak andal “unreliable”, tanpa adanya koneksi “connectionless” antara host-host di dalam jaringan yang memakai TCP/IP.
~ Point-to-Point Protokol
PPP merupakan suatu protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak dipakai pada wide area network (WAN). Protokol ini adalah standar industri yang bisa berjalan di lapisan data-link dan dikembangkan pada awal tahun 1990-an sebagai respons terhadap masalah-masalah yang terjadi dalam protokol Serial Line Internet Protokol (SLIP), yang hanya bisamendukung pengalamatan IP statis terhadap para kliennya. Protokol ini mendukung banyak protokol-protokol jaringan yang bersifat simultan.
~ Serial Line Internet Protokol
SLIP adalah sebuah protokol yang bisa membuat pemindahan data IP melalui suatu saluran telepon. Alat bantu lainnya dalam SLIP adalah PPP dengan fungsinya untuk mendeteksi kesalahan dan konfigurasi. Sistem ini memerlukan satu komputer server untuk menjadi penampungnya, dan secara perlahan-lahan akan terganti oleh standar PPP yang memiliki kecepatan proses yang lebih tinggi.
~ Internet Control Message Protokol (ICMP)
ICMP merupakan salah satu protokol inti. ICMP tujuannya beda dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan milik penggunaatau user.
~IMAP (Internet Message Access Protokol)
IMAP merupakan suatu protokol standar untuk dapat mengakses atau mengambil email dari server. IMAP membuat pengguna bisa memilih pesan email yang akan diambilnya,mencari pesan email tertentu, membuat folder di server, dan menghapus pesan email yangtersedia. Kemampuan tersebut jauh lebih baik dibandingkan dengan POP (Post Office Protokol) yang hanya dapat memperbolehkan kita mengunduh atau mendownload semua pesan tersedia tanpa terkecuali.
~ POP3 (Post Office Protokol)
POP3 adalah protokol yang difungsikan untuk mendapatkan dan mengambil email dari email server. Protokol POP3 dibuat sebab desain dari sistem email yang mengharuskan adanya email server yang bisa menampung email dalam sementara sampai emailnya diterima oleh penerima yang berhak untuk itu. Hanya sebagian kecil dari komputer penerima email yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet yang menyebabkan email server ini muncul.
~ SMTP
SMTP adalah suatu protokol yang biasanya dipakai untuk mengirim email di Internet. Protokol ini dipakai supaya bisa mengirimkan data dari komputer pengirim ke server penerima. Kita bisa menggunakan Microsoft Outlook untuk menggunakan SMTP.
~ HTTP (Hypertext Transfer Protokol)
HTTP adalah protokol yang dipakai oleh WWW “World Wide Web”. HTTP bisa mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dibuat web server dan juga web browser sebagai respon. HTTP juga mendefinisikan bagaimana sebuah pesan dapat diformat dan dikirim dari server ke client.
~HTTPS
https merupakan versi aman dari HTTP adalah protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation berfungsi untuk menyediakan autentikasi dan juga komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris. Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security).Keduanya bisa memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port HTTPS adalah 443.
~SSH (Sucure Shell)
SSH adalah suatu protokol jaringan yang dapat memungkinkan terjadinya sebuahpertukaran data yang aman antara komputer. SSH juga dapat dipakai untuk dapatmengendalikan komputer dari jarak jauh untuk mengirim file, dan lain-lain. Protokol inijuga memiliki kelebihan dibanding protokol yang sejenis seperti Telnet, FTP, dll. SebabSSH mempunyai sistem Otentikasi,Otorisasi, dan ekripsinya sendiri. Dengan begitu keamanan sebuah sesi komunikasi melalui bantuan SSH ini akan terjamin.
~ FTP ( File Transfer Protokol )
FTP adalah Protokol internet yang mampu berjalan dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk transfer file komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.
~LDAP
LDAP adalah suatu protokol perangkat lunak yang fungsinya untuk memungkinkan semua orang dapat mencari resource organisasi, perorangan dan lainnya, contohnya file atau printer di dalam jaringan baik di internet atau intranet. Protokol LDAP akan membentuk sebuah direktori yang berisi hirarki pohon yang memiliki cabang, mulai dari negara, organisasi, departemen sampai dengan perorangan. Dengan memakai protokol LDAP, maka kita dapat mencari informasi tentang orang lain tanpa mengetahui lokasi orang yang akan dicari tersebut.
~ SSL (Secure Socket Layer)
SSL merupakan arguably internet yang paling sering dipakai untuk enkripsi. Penggunaan SSL tidak hanya untuk keamanan koneksi web, tapi juga bisa untuk berbagai aplikasi yangperlu suatu enkripsi jaringan end-to-end. Secure Socket Layer tidak mendukung access-control, file encryption, juga proteksi virus, jadi SSL tidak bisa mengatur data yang sensitif setelah dan sebelum pengiriman yang aman.

19. Sebutkan kelemahan dan kelebihan dari standar IEEE 802.11!

~ Kelebihan :
a.       Mobilitas
b.      Sesuai dengan jaringan IP
c.       Konektifitas data dengan kecepatan tinggi
d.      Frekuensi yang tidak terlisensi
e.       Aspek keamanan yang tinggi
f.        Instalasi mudah dan cepat
g.        Tidak rumit
h.      Sangat murah

~ Kelemahan :
a.   Bandwidth yang terbatas karena dibagi-bagi berdasarkan spektrum RF untuk teknologi-teknologi lain
b.      Kanal non-overlap yang terbatas
c.       Efek multipath
d.      Interferensi dengan pita frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz
e.       QoS yang terbatas
f.       Power control
g.       Protokol MAC high overhead

 

20. Apakah yang dimaksud dengan IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers)?

~ IEEE adalah sebuah organisasi profesi nirlaba yang terdiri dari banyak ahli di bidang teknik yang mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi-teknologi baru dalam semua aspek dalam industri dan rekayasa (engineering), yang mencakup telekomunikasi, jaringan komputer, kelistrikan, antariksa, dan elektronika.


Untuk jawaban nomor 13 bisa di download melalui link di bawah ini : 

download


Ok, sekian dari saya tentang Mengenal Komputer Terapan dengan menjawab beberapa contoh soal yang menyangkut seputar Komputer Terapan. Semoga bermanfaat bagi kalian semua. Sampai Jumpa Pada POST Selanjutnya. Bila ada salah kata mohon dimaafkan :’v


 

 



Comments